Monday 23 February 2015

Fakta tentang Gaya Hidup Aktif

seringkali saat kita mendengar kata "aktif" perasaan yang muncul adalah rasa kesal! yang terbayang adalah mebuang waktu berjam-jam untuk berolahraga atau melakukan olahraga ekstrim seperti berseluncur atau terjun bebas.
saya rasa hal ini terjadi karena istilah "aktif" memiliki beberapa makna. kita kerap mendengar kata ini diucapkan di iklan yang menampilkan seorang pria yang terjun dari sebuah gedung dan kalimat " pria aktif menggunakan deodoran ini", dan serta merta mencetuskan suatu pandangan tersendiri tentang apa sebenarnya istilah "aktif" itu. beberapa orang berfikir bahwa mereka harus memiliki tubuh yang ramping untuk bisamenjadi aktif. seperti cintoh sebelumnya, hal ini mncul karena media sering kali menggunakan istilah "aktif" sambil mempelihatkan tubuh yang benar benar terbentuk dengan otot-otot perut yang menonjol. secara tidak sadar hal ini membuat kita menghubungkan gaya hidup aktif dengan kerja keras dan sesuatu yang membahayakan. jadi, jika anda dan banyak orang lain mulai berfikir "saya tidak cocok untuk menjalankan gaya hidup aktif" beri saya kesempatan untk mengubah pendapat itu.

Bahaya kehidupan moderen.
dunia yang dipenuhi teknologi modern dan kemajuan dibidnag sistem transportasi telah mengubah cara hidup kita. kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk di depan meja sambil menatap layar, dan ini juga merupakan pertanda bahwasemakin banyak orang yang sekarang ini hanya bergerak untuk keluar dari pintu rumah, masuk kedalam mobil dan kemudian menuju tempat parkir. kemudian orang orang ini akan naik lift menuju tempat kerja mereka. seringkali pula dalam perjalanan dari rumah ke kantor mereka tidak bisa merasakan udara segar. menjadi aktif tidaklah terlalu sulit ; berjalan kaki sedikit atau bahkan menuju meja rekan kerja setidaknya dapat membuat berdiri dan meningalkan kursi anda.
saya juga begitu senang bila melihat orang berjalan kaki, atau kalo mereka berani, dengan menggunakan sepeda dan menaiki tangga untuk menuju tempat kerja mereka.
teknologi adalah sesuatu yang luar biasa, tapi teknologi juga telah membuat kita malas, hanya karena sepeda kini telah dilengkapi motor yang dapat melaju dan membawa anda ke tempat kerja tanpa mengayuh, bukan berarti teknologi itu baik bagi tubuh, terutama jika anda ingin tetap sehat.

Temukan "sisi aktif" anda sendiri
kenyataanya adalah jika anda tidak sedang tidur atau duduk diam tak bergerak makan anda sedang melakukan aktifitas. bahkan anda sekedar melakukan gerakan gerakan kecil bisa dianggap sebagai beraktifitas dan dapat membantu anda membakar kalori! saran terbaik yang dapat saya berikan adalah cari sendiri tingkat keaktifan yang paling sesuai dengan tubuh anda. anda dapat menaikan tingkat keaktifan dengan cara yang paling sederhana, yakni berjalan kaki santai disiang hari atau yang paling ekstream yaitu berlatih untuk ikut serta dalam ajang lomba maraton.
pada saat anda mulai berkomitmen untuk menaikna tingkat keaktifan anda maka tubuh akan mulai beradaptasi, dimana adaptasi ini akan terjadi setiap beberapa minggu sekali, dan andapun mungkin mulai terinspirasi untuk membawanya ke tingkat yang lebih tinggi.
di dunia saya kata "aktif" berubah setiap harinya. kadang-kadang aktif berarti menggunakan sepeda sungguhan untuk berkeliling kebun dengan anak saya, kadang-kadang artinya berpetualang mendaki gunung. keduanya menunjukan sesuatu yang aktif, keduanya sangat menyenangkan dan keduanya seru!
memulai lankah pertama untuk menjadi aktif seringkali merupakan langkah terbesar yang pernah kita ambil, tapi karna sekarang anda paham bahwa bersikap aktif itu tidak selalu berarti melakukan terjun bebas atau melakukan olahraga berintensitas tinggi, mungkin anda sudah siap untuk memulai langkah aktif pertama menuju kehidupan yang lebih aktif.


dikutip dari tulisan oleh : Samantha Clayton (AFAA,ISSA. Samantha adalah Director of Fitness Education di Herbalife )

No comments:

Post a Comment